Rabu, 27 Juli 2011

Di balik kisah joe

Naskah Drama Islami " DI BALIK KISAH JOE "
NAMA PEMERAN :

ARIYANI Sebagai LUNA
BAMBANG ARI BOWO Sebagai ADIN
ERNI RESTIANTI Sebagai NITA
INDRA SAPUTRA Sebagai JOE
SALAMAH Sebagai NADA
WILIA SILFIKA Sebagai NESYA

Naskah drama islami ini menceritakan tentang sosok Joe yang sangat dikagumi oleh teman-teman satu sekolahnya. Sehingga ada salah satu fans joe yaitu Nesya yang sangat menyayangi Joe dan juga dicintai oleh Joe. Tetapi Joe sendiri malu untuk mengatakan cintanya kepada Nesya karena Joe beragama Kristen. Nesya dan kawan-kawan sangat penasaran dengan Joe, mereka ingin mencari tahu tentang Joe dan ingin mengajak si Joe untuk masuk kedalam agama Islam…

Penasaran dengan ceritanya…?. Selamat membaca naskah drama islami yang berjudul “ Di Balik Kisah Joe”. Semoga dengan membaca naskah drama islami ini, dapat bermanfaat bagi Anda maupun Kita semua…

Penulis
Bambang ari Bowo


I. Babak ke – 1

Nesya : (Sebagai MC) Kita sambut perwakilan dari kelas 2 Bahasa yaitu “Jo” dengan lagunya “……” (Jo sedang bernyanyi).
Luna : Wah! Keren banget, seandainya dia bias jadi cowok gua…
Nada : Ih… jangan berhayal dech Na…, jangankan mau jadi pacarnya dilirik aja ga’…, lo tau ga’…?. Semua cewek disini tuh pengen banget dapetin dia tau !.
Nita : Gimana kalo’ kita bersaing tuk ngedapetin do’i.
Luna : Ok. Siapa takut.
Nada : Gua setuju. Gua, Elo,..Elo…(sambil menunjuk Luna dan Nita) dan Nesya bersaing tuk ngedapetin dia.
Nesya : Itulah tadi penampilan dari Jo…
( Pagelaran Musik selesai, dan semuapun pulang).


II. Babak ke – 2

Luna : Kok dah jam 07.00 WIB mereka belum dating yach?. Kemana sih mereka?. Ga’ biasanya dech! (tiba-tiba Nita dan Nada dating berbarengan)
Nada : Hei, pagi-pagi dah ngelamun, lagi mikirin siapa sich?.
Nita : Jangan-jangan lagi mikirin si Joe itu yach?.
Luna : Enak aja, kenal aja ga’, mau mikirin dia, imposible baget gitu lho!.
Nada : Eh, By The Way, mana si Nesya?. Kok belum dateng yach? (tiba-tiba Nesya dateng).
Nesya : Hai semua, pagi-pagi dah pada ngerumpi, lagi ngomongin apaan sih?.
Luna : Ini dia orangnya barusan diomongin, kita-kita lagi ngomongin si Joe and soal taruhan itu lho..
Nesya : Ooooo…!. Emang loe orang tau nama lengkap dia?.
Luna,Nada,Nita : Ngga’..! emang elo tau?.
Nesya : Nama lengkapnya itu “ Josept Yohannes”
Luna : Wah, kayak nama orang Kristen yach?.
Nita : Husssh, loe ngomong apaan sih, jangan su’udzon gitu dong!.
Nada : udah dech, sekarang gimana tentang taruhan kita?.
Luna : Ya udah, kita muai istirahat nanti, siapa yang bias ngajak dia ngobrol atau apa saja deh…
Nesya : Dah bel tuh, masuk yuk!.

III. Babak ke-3

Waktu istirahat didepan kelas
Adin : (sambil menghampiri Joe) “ Wah hebat lo Joe!. Gara-gara elo nyanyi kemarin, cewek-cewek pada ngefans sama elo”.
Joe : (Terheran-heran) Ngefans..!. emang sapa sih yang menarik dari gue?, gue biasa aja tuh..
Luna : Hai Joe..,ke kantin yuk!. Dari pada disini,… kenalin nama gua Luna ( Sambil Menjulurkan tangan).
Joe : gue Joe, (Menjulurkan tangan), tapi sorry gue lagi males kekantin, gue pengen disini aja deh.
Adin : Sama gue aja Na, gue juga mau kekantin.
Joe : Tuch, Adin mau kekantin. Bareng aja sama dia.
Luna : (Menghembuskan nafas), yah deh, kalo’ ga’ mau. Yuk Din (Setelah Luna berlalu, Nada dan Nita nyamperin Joe dikelas).
Nada : Hai cowok… boleh kenalan ga’?. Nama gua Nada (Sambil menjulurkan tangan dan Joe pun menjulurkan tangannya sambil tersenyum manis).
Nita : Nama gua Nita, eh iya,… nanti malem ka nada film seru tuch, nonton yuk..
Nada : Iya,… film horror, loe suka nonton film horror kan?.
Joe : Maaf ya… gue ada acara bareng keluarga nanti malem.
Nita : Jadi loe ga’ bisa?.
Joe : Maaf ya…
Nita : Ya udah kalo ga’ bisa, kita kekelas dulu ya…
Joe : Iya, maaf banget ya…( Joe pun meninggalkan tempat itu).

IV. Babak ke-4

Waktu pulang sekolah, Nesya ngeliat Joe didepan pintu gerbang sekolah
Nesya : Hai joe, mau pulang yah?.
Joe : Ngga’ Nes,.. gue mau ketoko buku dulu.
Nesya : Lho,.. kok loe tau nama gua?. Dari mana?.
Joe : Waktu itu kan elo yang jadi MC pagelaran musik, jadi gue tau nama elo.
Nesya : Oh…, tapi ngomong-ngomong elo tadi kan mau ketoko buku, gua juga mau kesana. Gimana kalo’ kita bareng aja?.
Joe : OK. Yuk kita berangkat sekarang.
(Setelah sampai ditoko buku).
Nesya : (Sambil mencari-cari buku). Mana ya..?.
Joe : Emang cari buku apaan sih?.
Nesya : Cari buku Sastra, kalo’ loe cari buku apaan Joe?.
Joe : Cari buku ini ( sambil menunjukkan bukunya).
Nesya : (kaget) inikan buku….
Joe : Kenapa?... kok kaget?..
Nesya : Ngga’ kok. Nggak apa-apa. Udah kan cari bukunya?. Kita pulang yuk!.
(Merekapun pulang)

V. Babak ke-5

Pagi-pagi disekolah, Nita, Nada, dan Luna sedang ngumpul didepan kelas, tiba-tiba Nesya dating.
Nesya : Hai semua, mau tau ga’, ada hot news lho…
Luna : Hot news apaan?. (Semua penasaran).
Nesya : Ternyata si Joe itu orang Kristen!.
Nita, Nada, Luna : Apa…???. (Kaget).
Nita : Elo tau dari mana?.
Nesya : Kemarin gua ketoko buku baren sama dia and dia beli buku Bibel gitu!.
Nada : Tapi kita kan belum yakin banget kalo’ dia itu orang Kristen, mendingan kita Tanya aja sama Adin. Adinkan temen deketnya si Joe.
Nesya : O…iya, bener juga tuch (Tiba-tiba mereka melihat Adin sedang berjalan didepan kelas mereka). Itu Adin, (Sambil menunjuk kearah Adin).
Luna : O…iya, Adin…!. Sini bentar.
(Adin dating mendekati mereka).
Adin : Ada apaan sih?. Tumben manggil gue.
Nesya : Kita orang mau nanya, tapi jawab yang jujur ya…
Adin : Emang mau nanya apaan sih?.
Nesya : Gini, masalah si Joe,.. Joe itu orang Kristen ya?.
Adin : Iya,.. memang dia itu orang Kristen, makanya dia malu bergaul sama kalian, karena dai takut kalian akan ngejauhin dia setelah kalian tau bahwa dia itu orang Kristen.
Nita, Nada, Nesya, Luna : Oooooo……………………..
Luna : Ya udah Din, makasih ya…
(Adinpun meninggalkan mereka)
Nesya : Tuh kan bener, Joe itu orang Kristen.
Nita : Jadi, sekarang waktunya kita untuk berdakwah dong,.. kita harus mengenalkan Islam dan mengajak dia untuk masuk agama Islam.
Nada : Bener tuh, kita harus mengajaknya kejalan yang benar, tapi jangan sampai memaksa dia ya… sayangkan ganteng-ganteng tapi orang Kristen.
Luna : Jadi mulai sekarang kita harus mendekati dia dan perlahan-lahan mengenalkan Islam kepada dia.
Nada, Nita, Nesya : OK dech… (merekapun masuk kelas).

VI. Babak ke-6

Waktu istirahat, merekapun melihat Adin sedang duduk didepan kelasnya, merekapun menghampirinya.
Luna : Hai Din, lagi ngapain?.
Adin : Eh,.. kalian. Ngga’ lagi baca buku aja.
Nita : Ngomong-ngomong mana si Joe?.
Adin : Kayaknya dia lagi keperpustakaan deh.
Nada : Din, elo mau kan bantuin kita-kita…
Adin : Bantu apaan?.
Nesya : Kita mau PDKT sama Joe, tapi jangan Negatif thinking dulu,.. maksud kita orang, kita mau berdakwah sama dia and ngajak dia kedalam agama Islam.
Adin : Oh gitu,.. iya deh, gue juga bakal seneng banget kalo’ dia masuk Islam. Waktu itu Joe pernah bilang ke gue kalo’ dia lagi naksir sama seorang cewek, tapi dia ga’ nyebutin namanya siapa, mungkin cewek itu bisa ngebantu dia supaya masuk Islam.
Nesya : Nah, jadi sekarang elo cari tau nama cewek itu, nanti kalo’ elo dah tau, elo kasih tau kita-kita ya…
Adin : OK deh….
Nada : Nah gitu dong, makasih ya, elo dah mau ngebantu kita-kita, kita orang kekelas dulu ya….. bye..
(Merekapun meninggalkan tempat itu dan Adinpun bergegas memasuki kelasnya)

VII. Babak ke-7

Pagi ini Adin dan Joe berangkat sekolah bersama-sama
Adin : Joe, Siapa sih cewek yang loe suka itu?. Ayo dong kasih tau gue..
Joe : Pengen tau???. Dia itu yang jadi MC dipagelaran musik kemaren.
Adin : Nesya..????.
Joe : Iya,.. Nesya. Kayaknya orangnya baik deh.
Adin : Kenapa ga’ loe tembak aja?.
Joe : Gue malu…
Adin : Elo malu karena elo orang Kristen,?. elo takut kalo’ Nesya dan temen-temennya ngejauhin elo, gitu?..
Joe : Iya,… gue malu dengan semua itu.
Adin : Percaya deh, mereka ga’ akan ngejauhin elo, dan elo juga harus berusaha untuk bersosialisasi dengan mereka, dan satu lagi, kalo’ elo memang suka sama Nesya, elo ungkapin aja perasaan itu sama dia.
Joe : Iya deh Din,.. makasih ya atas nasehatnya.
Adin : Kita kan sahabat, jadi harus saling Bantu dong.. yuk masuk!.

VIII. Babak ke-8

Nita, Nada, Nesya dan Luna sedang asyik jalan-jalan disekitar sekolah, tiba-tiba Adin menghampiri mereka.
Adin : Hai semua…!!!.
Nita : Eh elo Din, ada apa?.
Adin : gue dah tau siapa cewek yang disukain sama si Joe.
Luna : Emang siapa?.
Adin : Diantara kalian,… Nesya.
Nita, Luna, Nada : Hah, Nesya,..??? (Terkejut).
Nesya : Kok gua sih…
Nita : Nes, ini kesempatan elo untuk mulai ngenalin islam sama dia, pasti dia mau nurutin kata-kata elo.
Adin : Iya Nes,.. kayaknya bentar lagi dia bakalan nembak elo, ya pokoknya pinter-pinter aja elo ngebujuk dia.
Nada : Wah, bakalan seru nih ceritanya.
Nesya : Din, makasih banget atas informasinya.
Adin : Iya,.. gue duluan ya…..
Luna : Nes, sekarang elo harus berusaha untuk ngajak dia masuk agama Islam.
Nesya : Iya,.. gua akan berusaha. Masuk kelas yuk…
Waktu istirahat, Nesya baru selesai shalat dhuha
Joe : Nes,.. (Memanggil Nesya) tunggu gue…!!!.
Nesya : Eh elo Joe, ada apa?.
Joe : Elo dari mana?.
Nesya : Dari shalat dhuha dimasjid.
Joe : (Heran) Shalat????.
Nesya : Iya,.. shalat. Kami sebagai seorang muslim diwajibkan shalat, gue tau elo orang Kristen kan?. Ga’ usah malu Joe, kita semua sebenarnya mau bersahabat dengan elo kok.
Joe : Makasih ya Nes,.. emang agama islam itu gimana sih?.
Nesya : Joe,.. islam itu agama yang bener, agama yang diridhoi oleh Allah. Allah itu menciptakan langit dan bumi termasuk kita manusia. Jadi tiada tuhan selain Allah yang menciptakan seluruh jagad raya ini.
Joe : Nes,.. kita duduk disitu yuk, sambil ngobrol.
Nesya : OK. (Mereka duduk ditaman sekolah).
Joe : Nes, gue ga’ tau ini salah gue apa salah orang tua gue yang melahirkan gue sebagai orang Kristen.
Nesya : Jangan kayak gitu dong Joe, ini bukan salah siapa-siapa karena elo terlahir sebagai seorang Kristen. tapi umat islam wajib mengajak orang yang non muslim untuk masuk agama islam. Seperti Nabi Muhammad mengajak kaum Yahudi untuk masuk agama islam, asal jangan memaksakan kehendak.
Joe : Emang apa aja yang dipelajari dalam agama islam?. Apakah sama dengan agama Kristen.
Nesya : Ya engga’ donk Joe,… agama islam itu mengajarkan kepada kita tentang kebenaran, tidak memberatkan umatnya, justru meringankan umat didunia. Apabila sedang menghadapi masalah yang berat, dengan shalat, membaca al-Qur’an hati kita akan tenang dan semua masalah kita pasti akan terselesaikan.
Joe : Nes,.. elo mau kan ngajarin gue tentang agama islam?.
Nesya : Tentu dong Joe, gua akan ngebantu elo.
(Adinpun datang)
Adin : Hai..!!. lagi ngapain nih?.
Nesya : Ah engga’. Kita Cuma ngobrol kok. Joe, Gua kekelas dulu ya,. Din duluan ya…
(Setelah Nesya berlalu)
Adin : Joe, kalian tadi ngobrolin apa sih?.
Joe : Din, gue pengen masuk agama islam. Elo mau kan ngebantu gue?.
Adin : Apa…????. Beneran elo Joe?.
Joe : Iya lah, masak gue becanda.
Adin : Gue seneng banget ngedengernya, tapi gue heran kok secepat ini elo berpikiran mau masuk agama islam, bukan karena Nesya kan?.
Joe : (Tersenyum kecil), selain karena dia, memang dari dulu gue pengen banget masuk agama islam, tapi ga’ ada yang ngebimbing gue untuk kesana.
Adin : Ya udah, nanti malem kan malem minggu, gimana kalau gue kerumah elo?. Dan gue akan ngajarin elo tentang agama islam.
Joe : OK deh……..
Pagi-pagi disekolah
Luna : Eh Nes, gimana kabarnya si Joe?.
Nesya : Kemarin gue udah mulai ngenalin islam sama dia,.. dia tertarik lho sama agama islam, malah dia minta ke gua untuk ngajarin dia agama islam.
Nada : Nah bagus tuh,… semoga aja Allah membukakan pintu hati Joe, supaya dia bisa ngeliat kebenaran.
Nita : Iya,.. gua juga berharap demikian.
(Tiba-tiba datanglah Adin dan Joe)
Adin : Hai semua,.. lagi pada ngumpul nih, kita boleh gabung khan?.
Nesya, Nita, Nada, Luna : Boleh kok…
Adin : Eh tau ga’?. Ada berita bagus nih…
Nesya : Apaan Din?.
Adin : Joe udah memutuskan pilihannya untuk masuk agama islam.
Luna, Nita, Nada : Apa????. (Terkejut bangga, sedangkan Nesya hanya bisa bengong, karena dia bahagia sekali)
Luna : Elo kenapa Nes?.
Nesya : Ehmm, ng..ngga’ pa pa kok. Gua seneng banget ngedenger semua itu.
Joe : Nes,.. makasih ya, atas semuanya. Atas semua nasehat yang elo kasih ke gue, bantuan dan perhatian elo, sehingga gue bisa masuk islam dengan mantap seperti sekarang ini, dan untuk semuanya gue ucapin trims banget…
(Akhirnya si Joe memeluk agama islam seperti yang telah diimpikannya dan Nesyapun sangat bahagia karena cowok yang disukainya sekarang telah beragama islam. Merekapun tertawa bahagia….).

0 Coment:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More